Monday 10 February 2014

Resensi Buku

The Da Vinci Code



Buku ini  ditulis oleh seorang pencerita handal, Dan Brown. Sebuah buku yang menurut saya sangat menarik  untuk dibaca, menceritakan konspirasi kebenaran salah satu sejarah dunia. Cerita dimulai ketika Sauenier seorang kurator Museum Louvre, Paris ditemukan tewas di depan lukisan-lukisan mahakarya Da Vinci yang berada di dalam museumnya.  Kematian sang kurator yang terbunuh oleh peluru panas ternyata membawa sebuah teka-teki yang akhirnya memaksa tokoh-tokoh lain terlibat dalam kasus kematiannya. Lima belas sampai dua puluh menit setelah tertembak peluru kematiannya, Saunier membuat double teka-teki rumit untuk menuntun Sofie dan Robert Langdon menemukan sebuah kebenaran yang dapat mengguncang dunia. Bukti yang akan mengatakan kebenaran jika Yesus Kristus merupakan manusia biasa.

Kebenaran itu diyakini telah dilindungi berabad-abad oleh sebuah persaudaraan bernama Biarawan Sion, menunggu waktu yang tepat untuk diungkapkan. Dalam perjalanannya melindungi kebenaran itu, Biarawan Sion selalu memiliki ketua atau mahaguru dan tiga orang pengawal. Mereka berempatlah yang bertanggungjawab menyimpan kebenaran itu dari dunia, menunggu sampai pada waktunya untuk diungkapkan. Dan sebuah konspirasi mengatakan bahwa beberapa mahaguru dikenal sebagai tokoh sejarah dunia, diantaranya Da Vinci, Sir Isaac Newton dan generasi termudanya, Kurator Saunier.

Karena besarnya rahasia itu, Saunier tak ingin kebenaran itu jatuh pada sembarang orang. Sayangnya tiga orang kepercayaannya, yaitu sang pengawal juga sebelumnya telah dibunuh oleh pembunuh yang sama di hari kematiaan Saunier. Tak ingin kebenaran itu musnah, Saunier memanfaatkan waktu-waktu akhir hidupnya untuk membuat sebuah double teka-teki  menggunakan tubuhnya yang terbujur dan ditujukan pada seorang kriptograf bernama Sofie dan simbolog sejarah, Robert Langdon. Singkat cerita dua orang tokoh yang sebelumnya tak saling mengenal ini akhirnya dapat bekerjasama untuk memecahkan misteri kematian Saunier sekaligus teka-teki menuju kebenaran yang Saunier lindungi sampai akhir hidupnya. Namun, bukan perjalanan yang mudah bagi mereka berdua untuk memecahkan misteri itu, kepolisian Prancis yang dipimpin oleh Kapten Fache ternyata menuduh salah satu  dari mereka sebagai pembunuh Saunier. Karenanya mereka berdua harus memecahkan teka-teki  sekaligus menghidar dari kejaran polisi dan sang pembunuh asli Saunier.


Buku ini sangat menarik dibaca oleh orang-orang yang mencitai kospirasi dan teka-teki rumit. Cerita fiksi ini dibuat dan didukung dengan banyak bukti sejarah dan informasi yang rill, membuat cerita ini benar-benar seperti cerita nyata. Selain itu, diakhir cerita pembaca diiring untuk memilih sebuah pilihan sesuai cara pandang masing-masing, akankah kebenaran itu benar-benar harus diungkap dengan resiko akan mengguncang dunia atau tetap menjadi kebenaran rahasia yang terus terjaga? Intinya adalah unsur konspirasi, sejarah dan teka-teki merupakan tiga hal yang paling dominan dalam buku ini, Dan Brown berhasil meracik ketiga unsur ini menjadi sebuah cerita yang menarik, dari awal hingga akhir cerita. 

Dan yang tertarik melihat movie-nya silahkan, 

No comments:

Post a Comment